Transportasi di Jepang

Banyak sekali barang atau jasa yang menurut kacamata orang indonesia overpriced di Jepang, salah satunya transportasi. Dengan sedikit usaha, pembaca bisa menemukan ongkos pesawat terbang ke luar negeri (negara-negara tertentu dengan maskapai penerbangan tertentu) dari Jepang ternyata bisa lebih murah dari domestic airfare. Tentunya biaya tersebut bisa berbeda-beda tergantung daerah tempat tinggal. Misalnya di Tokyo yang beberapa tahun terakhir menempati urutam pertama sebagai kota termahal di dunia untuk ekspatriat. Umumnya kita bisa mensiasati biaya transportasi dengan mendiami apartemen atau dormitory yang dekat dengan lokasi kampus atau pusat kota. Apabila dekat, maka bersepeda saja sudah cukup. Ingat, biaya bus dan subway termurah sekaligus terdekat adalah 150 yen (untuk orang dewasa, anak kecil setengah harga).

Tentunya lokasi tempat tinggal yang dekat dengan kawasan ramai akan memberatkan biaya sewa per bulan. Mahasiswa perlu mempertimbangkan keuntungan dan kekurangannya sebelum mengambil keputusan. Secara umum, di bawah ini dijelaskan kelebihan dan kekurangan bertempat tinggal dekat dengan kawasan kampus.

Kelebihan:

1. Tidak usah bangun pagi, waktu tidur mestinya cukup.
2. Biaya transportasi hampir gratis (jalan kaki atau bersepeda, namun mesti membayar biaya parkir sepeda di kampus atau cari parkir gratisan).
3. Karena biasanya dekat dengan pusat kota, berbelanja menjadi lebih mudah dan bisa jadi lebih murah (karena pilihannya banyak).

Kekurangan:

Biaya sewa tempat tinggal mahal.

Bagaimana cara mendapatkan dan membandingkan tarif biaya perjalanan?

Biasanya Anda perlu menginstalasi aplikasi khusus (seperti Jorudan Co., Ltd.) di iOS atau Android atau Symbian, atau apa saja HP yang Anda gunakan. Opsi lainnya, situs berikut ini bisa membantu Anda mencari tahu biaya bus/subway/airlines termurah: hyperdia.com

Perlu diperhatikan bahwa harga yang ditunjukkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut adalah harga standar. Anda bisa saja membeli tiket untuk bus atau subway yang dibayar per bulan dengan harga tertentu namun jumlah pemakaian unlimited.

Tiket tersebut bisa lebih murah (setengah harga) apabila Anda seorang mahasiswa yang terdaftar di universitas di Jepang. Mintalah surat keterangan ke kantor departemen bagian mahasiswa untuk meminta surat keterangan bahwa Anda adalah mahasiswa universitas X. Sayangnya, research student (non-degree program) tidak dianggap sebagai mahasiswa resmi, mesti yang degree program student baru bisa mendapat keringanan. Tiket tersebut bisa dibeli di tempat-tempat tertentu seperti stasiun (untuk subway) atau loket bus (untuk bus). Untungnya di Sendai, tergantung lokasi tempat tinggal, bersepeda atau berjalan kaki saja sudah cukup.

Pada waktu-waktu tertentu, perusahan transportasi bisa memberikan diskon-diskon khusus yang teramat murah untuk shinkansen atau bus. Promosinya biasanya kurang gencar sehingga kita mesti giat mencari. Terakhir kali penulis menggunakan tiket shinkansen unlimited 3 hari (flexible untuk 10 hari) untuk penggunaan shinkansen/bus JR East dengan harga hanya 10000 yen. Lumayan kan buat jalan-jalan.

Sedikit saran juga, apabila pembaca ingin bepergian agak jauh atau memang jauh, cermati diskon yang sedang ditawarkan oleh perusahaan kereta/bus yang akan ditumpangi. Biasanya tersedia halaman dalam bahasa Inggris, bila tidak gunakan fasilitas translator yang bertebaran di dunia maya. Japan Railway (JR) adalah perusahaan transportasi terbesar di Jepang dan terdiri dari JR Hokkaido, JR East, JR Central, JR West, JR Shikoku, dan JR Kyushu. Silakan di-google sendiri alamat website-nya.

Odakyu: http://www.odakyu.jp/
Keio: http://www.keio.co.jp/
Tokyu: http://www.tokyu.co.jp/
dan masih banyak lagi.

PS: Sebaiknya biasakan diri untuk mencari info secara mandiri terlebih dahulu sebelum langsung bertanya di milis PPI Jepang, dll.

FAQ:

Ada kasus aplikasi-aplikasi di atas tidak berguna?

Yup, misalnya Anda berminat menjadi volunteer ke tempat bencana di Jepang atau ke tempat yang benar-benar terpencil. Perjalanan akan mahal dan lama karena jumlah transportasi yang sangat terbatas. Terakhir kali penulis mengurungkan niat untuk ke Minami Sanriku karena kesulitan dalam mencari transportasi umum. Untuk kasus seperti ini sebaiknya charter mobil saja.

Ada yang lebih murah?

Yang lebih mahal banyak. Beberapa universitas menyediakan bus kampus gratis yang hanya datang di jam-jam tertentu. Misalnya di Tohoku University, mahasiswa bisa memanfaatkan fasilitas gratis ini. Terkadang bus tersebut datang telat di pagi dan siang hari, untungnya saat malam menjelang bus datang tepat waktu. Frekuensinya tidak sesering bus berbayar tentunya.

Harga sepeda?

Biasanya 10000 yen sudah cukup untuk yang second (atau bahkan yang baru), namun biar gratis tunggu warisan dari senpai saja.

Moral of the story: demi menghemat puluhan ribu yen dari biaya transportasi, belajar bersepeda kalau belum bisa dan manfaatkan diskon-diskon khusus.

Penulis: Sugianto Angkasa (Wartawan Suara PPIS)