Perpanjangan Visa Jepang di Sendai

Keberadaan kita semua di Sendai ini tentu telah melalui persetujuan dari pemerintah Jepang berbentuk Visa yang tertempel di paspor masing-masing dan Residence Card yang didapat setelah tiba di Jepang. Nah, izin tinggal berupa Residence Card kita ini tidak berlaku untuk selamanya, melainkan ada masa berlaku tertentu yang tertera di kartu masing-masing, di kolom “PERIOD OF STAY (DATE OF EXPIRATION)” yang artinya kita tidak punya izin legal lagi untuk tinggal di Jepang saat tanggal yang tertera di sana terlewati. Lantas bagaimana bila keperluan kita di Sendai belum selesai, sementara Residence Card kita sudah akan kadaluwarsa? Solusinya adalah dengan mendaftar perpanjangan visa atau perpanjangan izin tinggal di Kantor Biro Imigrasi Sendai.

Lalu bagaimanakah prosedurnya? Prosedur lengkap bisa dilihat di website Ministry of Justice Jepang. Berikut sedikit penjelasan dalam bahasa Indonesia:

Perpanjangan visa bisa dilakukan selama 3 bulan terakhir masa berlaku Residence Card kita, dengan proses yang memakan waktu sekitar 2 minggu hingga 3 bulan. Jadi, lebih awal memperpanjang visa lebih baik. Usahakan langsung mulai proses perpanjangan visa ketika masuk 3 bulan terakhir ini, atau ada kemungkinan kita menjadi warga ilegal di Jepang.

Kemudian cara memperpanjang visa adalah dengan mengumpulkan beberapa dokumen saja ke Kantor Biro Imigrasi Sendai. Sebaiknya dokumen-dokumen ini dibawa sendiri, tidak diwakilkan, karena butuh prosedur khusus bila diwakilkan orang lain. Dokumen-dokumen yang harus dilengkapi dan dikumpulkan adalah sebagai berikut:

1. Application Form, untuk mahasiswa bisa diunduh disini, untuk keluarga mahasiswa (misal: istri mahasiswa) dengan visa jangka panjang bisa diunduh disini, dan untuk post-doctoral researcher bisa diunduh disini. Setelah melengkapi formulir tersebut (tanpa bagian yang “This sheet is not required to submit.“), perhatikan header masing-masing halaman (pojok kiri atas halaman). Untuk halaman-halaman yang tertulis di header-nya “For applicant“, berarti cukup diisi sendiri saja. Untuk halaman-halaman yang header-nya “For organization“, berarti halaman-halaman tersebut perlu di-acc oleh kantor fakultas masing-masing, cobalah datangi kantor fakultas masing-masing untuk mendapatkan acc. Prosedur untuk mendapatkan acc fakultas ini berbeda-beda untuk setiap fakultas dan memakan waktu yang berbeda juga. Kemudian, untuk halaman-halaman yang header-nya “For supporter“, berarti halaman tersebut perlu acc dari orang yang men-support keberadaannya di Jepang, misal: suami (yang mahasiswa).

2. Pasfoto berwarna terbaru (3cm x 4cm) 1 lembar, dengan ketentuan foto sama seperti ketentuan foto untuk paspor. Foto ini untuk ditempelkan di Application Form.

3. Paspor dan Residence Card.

Setelah melengkapi dokumen-dokumen diatas, bawalah dokumen tersebut ke Kantor Biro Imigrasi Sendai untuk didaftarkan. Di sana kita akan diminta mengisi alamat untuk pengiriman notifikasi. Semua dokumen akan diambil oleh Kantor Biro Imigrasi Sendai, kecuali Paspor dan Residence Card, yang hanya akan difotokopi. Dan selanjutnya kita dipersilakan untuk pulang, dan kembali datang ke Kantor Biro Imigrasi Sendai ketika notifikasi telah dikirimkan.

Ketika notifikasi datang, berarti Residence Card bari kita sudah jadi. Untuk mengambilnya, kita perlu datang ke Kantor Biro Imigrasi Sendai lagi dengan membawa materai senilai 4,000 yen (dibeli di kantor pos).

Selamat memperpanjang izin tinggal!

Divisi Informasi PPIS 2014-2015