Administrasi Kependudukan

Membuat Zairyu Card / Residence Card  (在留カード)

ini bisa diumpamakan sebagai KTP kita selama tinggal di Jepang. Kartu ini harus dibawa kemanapun kita pergi, dan jika hilang harus segera dilaporkan ke kantor daerah (kuyakusho / 区役所) paling lambat 14 hari setelah kehilangan. Kartu ini wajib dibuat untuk warga asing yang akan tinggal di Jepang lebih dari 90 hari.

Ada dua cara untuk mengurus Zairyu card ini

  • Jika landing di Haneda, Narita, Chubu dan Kansai Airports

Jika anda mendarat pada salah satu airport yang disebutkan di atas, maka Zairyu card akan segera diproses saat itu juga bersamaan dengan landing permission. Dokumen yang perlu anda bawa;

  1. COE
  2. Visa (Passport)
  3. pas foto 6 bulan terkahir 3×4 dua lembar.

Zairyu Card akan langsung jadi namun alamat tempat tinggal anda belum terterta di sana sehingga anda harus mengurusnya dalam waktu 14 hari sejak anda mendapat landing permission. Anda hanya perlu mebawa passport, Zairyu card dan mengikuti prosedur di sana yang sudah disediakan.

  • Jika landing di airport selain di atas.

Anda hanya akan dapat landing permission and Zairyu card akan diproses kemudian hari. Anda harus mengunjungi ward office (kuyakusho/区役所)  untuk mengurus Zairyu card anda. Dokumen yang dibutuhkan ;

  1. Passport
  2. pas foto  bulan terakhir 3×4 2 lembar.

Setelah sampai di ward office, anda akan diminta mengisi formulir (formulir tersedia dalam bilingual, Inggris dan Jepang). Mengurus Zairyu card di sini akan sekaligus dengan pencantuman alamat tinggal. Zairyu card di sini tidak akan langsung jadi, Zairyu card akan dikirim langsung ke alamat tempat tinggal melalui post. Untuk sementara, anda akan diberikan semacam dokumen dan berlaku seperti Zairyu card sementara sampai Zairyu card anda dikirim. Dan untuk dokumen ini, anda akan dikenakan biaya sebesar 200‎¥.


Asuransi kesehatan umum (健康保険)

Pemerintah Jepang mewajibkan setiap penduduknya, termasuk WNA, untuk memiliki asuransi kesehatan (kenkou hoken). Dengan menunjukkan kartu kenkou hoken setiap kali akan berobat, kita hanya membayar 30% dari biaya berobat, sisanya ditanggung oleh pemerintah. Kenkou hoken dapat dibuat di kuyakusho.

Cara membuat

Persyaratan yang dibutuhkan adalah kartu Alien Registration dan paspor. Oleh karena itu setelah kartu Alien Registration selesai dibuat, saat mengambil di kuyakusho bisa langsung mengurus kenkou hoken dengan mengisi formulir aplikasi.

Pembayaran biaya asuransi

Pembayaran ada beberapa cara. Ada yang sekaligus satu tahun dan bisa juga per bulan. Saat menerima slip pembayaran, pembayaran dapat dilakukan di hampir semua bank atau kuyakusho dengan menunjukkan slip tersebut. Pembayaran juga dapat dilakukan secara otomatis lewat rekening bank dengan sebelumnya mengajukan permohonan saat pembuatan kenkou hoken atau pada saat pembayaran slip bulan pertama. Untuk keperluan ini dibutuhkan rekening bank.

Tips

Karena untuk pembayaran otomatis kita memerlukan rekening bank, maka setelah menerima KTP sementara, ada baiknya kita menuju bank terlebih dahulu (untuk membuat rekening bank). Tak sampai 1 jam, rekening akan jadi, dan kita bawa kembali untuk mengurus cara pembayaran kenkou hoken (asuransi kesehatan).

Saat berobat

Saat pembayaran biaya berobat, tunjukkan kartu kenkou hoken agar mendapat potongan 70% dari biaya pengobatan.

Saat pindah alamat

Seperti halnya untuk kartu Alien Registration, setiap kali pindah alamat, kenkou hoken ini juga harus diperbaharui di kuyakusho.