[KOMPRE] Kompor Kreasi Samurai Tohoku

Kompor Kreasi (disingkat KOMPRE) adalah sebuah kegiatan untuk mendokumentasikan ringkasan keahlian dan hasil-hasil penelitian yang inovatif dari warga PPI Jepang, khususnya di area Tohoku. Video dokumenter singkat berdurasi tidak lebih dari 10 menit menjadi pilihan yang optimal untuk mendukung semangat kompor kreasi. Seperti kita tahu, di Indonesia, ujian “kompre” dibuat dengan tujuan agar pengetahuan yang dimiliki seorang pelajar dapat keluar secara singkat, padat, dan jelas.

Pembuatan video KOMPRE ini secara tidak langsung dikompori oleh rekan-rekan PPI Dunia (khususnya Lingkar Ide PPI Australia) dan Pengurus Pusat PPI Jepang. Dari sinilah nama “kompor” muncul pada Kompor Kreasi. Meski demikian, PPI Tohoku mencoba membuat sesuatu yang beda pada program KOMPRE ini dengan menambahkan sentuhan dokumentasi aktivitas di luar riset dari para pemeran di setiap video, yang kami sebut Samurai Tohoku.

samuraitohoku

Dengan tersebarnya bidang keahlian para mahasiswa dan peneliti yang melakukan studi di daerah Tohoku, diharapkan video KOMPRE dapat menjadi inspirasi dan motivasi untuk khalayak luas. Kami pun ingin membuktikan bahwa para pelajar Indonesia di area Jepang Utara dapat berbicara banyak di percaturan riset dunia.

Ganbarou Samurai Tohoku!

Daftar video KOMPRE yang sudah diterbitkan:

Kompre #3: Memonitor Bumi Indonesia – Fatwa Ramdani (Tohoku University)
Simak juga ulasan penerbitannya (klik).

Kompre #2: Analisis Krisis Keuangan Perusahaan – M. Rifqi (Tohoku University)
Simak juga ulasan penerbitannya (klik).

Kompre #1: Bekatul sebagai Pangan Fungsional – Ardiansyah (Tohoku University)
Simak juga ulasan penerbitannya (klik).