BuSet PPIS

Salah satu tugas penting ilmuwan, peneliti, serta cerdik cendikia adalah mengomunikasikan ilmu pengetahuan yang mereka miliki, baik berupa hasil pemikiran atau penelitian dengan bahasa yang dapat diterima dengan mudah oleh khalayak umum. Komunikasi menjadi sangat penting mengingat masyarakat umum merupakan pemangku kepentingan untuk masa depan sains dan teknologi. Pemahaman masyarakat umum mengenai sains akan menentukan keberlanjutan dan perkembangan sains, dalam arti bahwa semakin banyak masyarakat umum yang memahaminya maka semakin besar dukungan, keterlibatan, serta pemanfaatan produk sains dan teknologi.

Sains dan teknologi menggunakan bahasa teknis dan matematis yang bagi kebanyakan masyarakat umum sulit untuk dipahami sehingga “mengancam” popularitas dan dukungan dari masyarakat. Hal ini dapat menghambat dan mematikan perkembangan sains dan teknologi itu sendiri. Oleh karena itu, diperlukan media yang dapat menjembatani jurang perbedaan antara ilmuwan dan masyarakat. Penggunaan bahasa populer dalam menyampaikan ide-ide sains dan teknologi merupakan cara yang efektif dalam menggalang partisipasi, dukungan dan keterlibatan masyarakat.

Dengan latar belakang inilah, “BuSet PPIS” (dulu disebut BuSet AHIRU) hadir sebagai media bagi pelajar  Indonesia yang berinteraksi di dalam organisasi Persatuan Pelajar Indonesia Sendai (PPI Sendai) untuk mengomunikasikan hasili riset dan pemikiran mereka dalam bahasa populer. Buletin ini diharapkan dapat menjadi penghubung bagi peneliti, ilmuwan, dan pelajar Indonesia di Sendai dengan masyarakat Indonesia di mana pun mereka berada. Kami mengharapkan buletin ini dapat diterima dengan baik melalui semangat yang kami usung, AHIRU: ilmiAH, mutakhIr, Revolusioner dan popUler!

BuSet PPIS edisi 5, musim gugur November 2014:
Ulasan penerbitan: “素晴らしい秋を!” (klik untuk membaca)

BuSet PPIS edisi 4, musim dingin Desember 2012:
Ulasan penerbitan: “Sound of Winter” (klik untuk membaca)


BuSet AHIRU edisi 3, musim panas Juli 2012:
Ulasan penerbitan: “Illuminate Summer” (klik untuk membaca)


BuSet AHIRU edisi 2, musim dingin Januari 2012:
Ulasan penerbitan: “Growing Crystal” (klik untuk membaca)

BuSet AHIRU edisi 1, musim gugur November 2011:
Ulasan penerbitan: “Blossom in Autumn” (klik untuk membaca)